Wahana wisata Coban Pelangi Malang yang Mempesona

coban pelangi malangInfo Wisata dikota Malang : Wana wisata Coban Pelangi merupakan sebuah air terjun di sebelah timur Kota Malang yang berjarak sekitar 2 km dari Desa Gubuk Klakah Kecamatan Poncokusumo di kaki Gunung Semeru arah ke desa Ngadas, mempunyai ketinggian kurang lebih 30 meter dan merupakan wisata alam yang masih belum di kelola. Objek wisata ini masih alami di tengah hutan dan sebelah kanan kirinya tumbuh Panorama menuju Coban Pelangi. pohon-pohon pinus yang cukup lebat dengan suhu udara antara 190 – 230 Celcius dan termasuk dalam zona BTS. Untuk menuju lokasi, terdapat jalan setapak sepanjang 1,5 km dan shelter tempat istirahat.

Obyek wisata Coban Pelangi merupakan zona konservasi alam di bawah coban-pelangiperlindungan Perum Perhutani. Air terjun menakjubkan itu, berjarak ± 10 km dari Kecamatan Tumpang dan ± 32 km dari Kota Malang. Coban Pelangi berada di kawasan pegunungan yang terjal dengan kemiringan di atas 45º dan berada pada 8,0109º LS; 112,8607º BT; 1.299,5 m dpl (diambil dari Google Earth). 2008-08-30-008Berkunjung ke Coban Pelangi, berarti harus mempersiapkan fisik dan kesehatan yang prima. Jangan dibayangkan, lokasi Coban Pelangi seperti Coban Rondo di Kecamatan Pujon. Tentu berbeda, Coban Pelangi masih sangat alami, untuk menikmati air terjun, pengunjung harus membayar dengan keringat. Disarankan, pengunjung memakai sepatu olahraga untuk jarak tempuh sekitar 20 menit. Menuju air terjun, pengunjung memang wajib menjejaki medan berbukit dengan kemiringan mencapai sekitar 45º. Setelah melewati bukit kurang lebih 15 menit, selebihnya tinggal menyusur jalur di atas anak sungai.

keindahan yang ditawarkan coban pelangi adalah pesona Alam pegunungan yang sejuk, memiliki air alami, dingin, dan bersih yang memberikan kesan damai. air terjun Coban Pelangi ini dapat dicapai dalam perjalanan ke Gunung Bromo melalui kota Malang. Air terjun coban pelangi dapat ditempuh dari kota Malang jawa timur sekitar 2 jam perjalanan ke desa Tumpang dengan naik Kendaraan Roda 4 maupun Roda 2.juga bisa menggunakan jasa angkutan mikrolet.

pesona coban pelangiSesampai perjalanan di kota Tumpang perjalanan bisa dilanjutkan menuju desa Ngadas atau ke Ranupane. Perjalan sekitar 40 menit melewati perbukitan serta perkebunan apel. Dan ketika memasuki hutan , Anda akan disajikan pemandangan indah jurang di kanan maupun kiri anda , Sampai di gerbang utama Air terjun coban pelangi,kita bisa langsung berjalan menyusuri jalan setapak menuju air terjun sekitar 3 KM. Perjalanan lumanyan mengasikan karena naik turun ,sampai di sebuah pos peristirahatan disebuah bukit dengan pemandangan sangat indah.

Perjalanan ini menyuguhkan keelokan alam pegunungan, hutan yang rimbun, dan sungai yang jernih. Kicau burung-burung silih berganti, menjadi hiburan yang langka. Setelah menikmati perbukitan dengan sudut kemiringan 45º, saatnya perjalanan mencapai bibir sungai. Di ujung bukit, membentang sebuah jembatan berbahan dasar bambu, yang disusun sedemikian rupa.

jembatanJembatan itu hanya cukup dilewati dua orang. Bagi muda-mudi, jembatan itu bisa disebut sebagai jembatan cinta. Mau tak mau, pasangan yang tengah berpacaran pasti akan bergandeng tangan saat memasuki ujung jembatan. Gemericik air di bebatuan serta kicau burung-burung, memang menimbulkan suasana romantis. Capek berjalan kaki, sebuah pondok peristirahatan di bibir sungai bisa membantu menormalkan napas. Pondok yang terletak sekitar 10 meter dari jembatan bambu itu berada di bawah rimbun pepohonan. Dari pondok itu, air terjun cukup ditempuh sekitar lima menit.

pesona coban pelangiAir Terjun Coban Pelangi mengalir dari tebing yang memiliki ketinggian 30 m. Pesona air terjun itu bisa dinikmati sambil menggelar tikar di atas tanah lapang. Satu pondok perlindungan juga disiapkan menghadap ke arah air terjun. Jika cuaca sedang baik, pengunjung yang beruntung bisa menyaksikan ‘pelangi’ yang membiaskan di pucuk-pucuk tebing. Biasanya, pelangi muncul pada jam 10.00-14.00. Fenomena alam itu muncul akibat butiran air terjun yang terbawa angin, serupa buliran-buliran kabut. Jika masih belum puas menyaksikan dari zona lapang, mencelupkan diri di anak sungai bisa menjadi pilihan menarik. Tumpahan air terjun di atas bebatuan menimbulkan percikan air seperti hujan gerimis.Cari penginapan dengan pemandangan pegunungan yang indah, panorama yang indah, melihat kebun buah apel dan sayuran. Situs Air terjun Coban Pelangi berada di desa Gubuk Klakah, Poncokusumo,Kabupaten Malang, Jawa Timur.Para pengunjung akan di bawa untuk menikmati udara segar, pemandangan alam, dan tentu saja Air Terjun Coban Pelangi yang indah serta eksotik.

Untuk masuk area wisata alam, pengunjung membayar Rp 3.100 per orang di loket masuk. Dengan tarif murah meriah itu, wisata alam Coban Pelangi bisa dinikmati sepuasnya.

Wahana wisata Coban Pelangi Malang yang Mempesona | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *