Ngaji dengan beliau Dr. KH. A. Musta’in Syafi’i, M. Ag.

Dr. KH. A. Musta'in Syafi'i, M. Ag

Dr. KH. A. Musta’in Syafi’i, M. Ag

 

Oleh : Ustadz Muhammad Hasyim

Ngaji dg beliau, Dr. KH. A. Musta’in Syafi’i, M. Ag. selalu ada ilmu dan pengetahuan baru, khususnya tentang al-Qur’an.
Semoga Allah panjangkan umur beliau dan Allah beri kekuatan beliau untuk selalu membimbing kami. آمين
Beberapa poin ngaji beliau:
1. اقرأ وربك اﻷكرم
Seorang guru yg harus dikedepankan adalah sifat akram yg dg sabar dan telaten mendidik dan membimbing murid
2. Al-Qur’an merupakan satu-satunya bacaan yg akan selalu dibaca dan dibacakan, mulai sebelum kelahiran (tingkepan), ketika hidup, bahkan sampai seseorang meninggal dan dikuburkan. Maka memang al-Qur’an disebut demikian karena yg paling diunggulkan adalah membacanya
3. Ada dua kata yg digunakan dalam arti membaca al-Qur’an, yaitu قرأ dan تلا. Perbedaannya adalah; jika تلا-يتلو memiliki arti bacaan yg ditekankan pada aspek bacaannya, seperti makhorijul huruf, fashahah, ahkamul huruf, dll. Sedangkan utk قرأ-يقرأ memiliki arti membaca dalam cakupan yg lebih luas, termasuk membaca dan memahami isi kandungannya.
4. Rahasia atau hikmah kenapa anak yg berada dlm kandungan dibacakan surat Yusuf dan Maryam adalah agar kelak si anak jika lahir dapat menjaga kehormatannya ketika godaan yg paling berat menghampiri. Godaan itu adalah sentuhan dan “ajakan” dr lawan jenis yg belum halal baginya. Maryam dan Yusuf memilik jawaban yg serupa, yaitu berlindung kepada Allah (إني أعوذ بالرحمن إن كنت تقيا dan معاذ الله ).
Jika qt kontekstualisasikan saat ini, msh adakah “maryam-maryam” (para remaja putri) zaman sekarang yg tidak mudah tergoda oleh sms, inbox, surat, rayuan gombal, perhatian palsu dr cowok. Begitu pula yusuf, adakah “yusuf-yusuf” (para remaja putera) masa kini yg tidak mudah terperdaya oleh kecantikan fisik atau mngkin godaan “nakal” dr cewek.
Demikian sekelumit hikmah dr beliau. Semoga bermanfaat

Ngaji dengan beliau Dr. KH. A. Musta’in Syafi’i, M. Ag. | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *