tanda komputer terkena virus

Ini Dia Tanda Komputer Terkena Virus

Komputer saat ini memang menjadi sebuah kebutuhan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Ini dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin maju sehingga mengharuskan manusia bisa komputer. Saat ini manusia memang dimudahkan dengan berbagai layanan yang ada di komputer seperti mengetik, menghitung, memanipulasi gambar, bahkan membuat program menggunakan komputer.tanda komputer terkena virus

Seiring berkembangnya jaman dan juga teknologi, ternyata tak luput juga dari perkembangan kejahatan cyber. Semakin canggih teknologi yang kita gunakan, ternyata ada pihak-pihak tertentu yang membuat sebuah program atau aplikasi untuk melumpuhkan kecanggihan teknologi tersebut. Salah satu yang sering kita jumpai adalah adanya virus komputer. Komputer memang rawan untuk terkena virus, apalagi perkembangan virus juga semakin canggih sehingga pengguna tidak bisa mendeteksi apakah komputernya terkena virus.

Kali ini linkcerdas.com akan membagikan informasi mengenai kehadiran virus ini pada komputer anda. Bagaimana cara mengetahui kalau komputer kita terkena atau terinfeksi virus? Berikut ini adalah tanda-tanda komputer anda terkena virus:

Kinerja komputer semakin lambat

Jika anda merasakan kinerja atau performa komputer semakin melambat, mungkin hal itu bisa dikarenakan virus yang ada di komputer anda.

Pembajakan pada akun di social media dan yang lainnya

Mungkin anda pernah mengalami pembajakan akun di social media. Ini bisa saja dikarenakan oleh virus yang berada di komputer anda yang menyusupi akun anda. Selain itu, akun yang dibajak juga bisa disebabkan oleh phishing karena anda mengklik link tertentu yang menyebabkan akun anda tidak terkontrol.

Terdapat peringatan lockdown

Mungkin anda pernah mengalami komputer anda terdapat pesan bahwa terdapat aktifitas illegal di komputer anda sehingga komputer terkunci. Peringatan ini biasanya adalah virus bernama ransomware yang bisa menyebabkan kejahatan cyber. Biasanya si pelaku akan meminta sejumlah biaya tertentu. Untuk mengatasinya, anda bisa menginstall antivirus seperti AVG atau Kaspersky.

Shortcut tidak berfungsi dengan baik

tanda komputer terkena virusKemampuan virus memang semakin canggih. Virus yang masuk di komputer anda bisa mengacak fungsi tombol keyboard dan juga mendisable fungsi shortcut. Biasanya yang terkena adalah shortcut untuk menuju Task Manager. Jika hal ini terjadi, anda bisa membuka antivirus dan menjalankan scan secara full.

Nah, itulah beberapa tanda kalau komputer anda terkena virus. Untuk menangani atau mencegah adanya virus yang masuk ke komputer, anda bisa menginstal antivirus yang sudah terpercaya. Jika komputer anda sudah terinstall antivirus, maka anda akan sedikit lega karena sudah ada software yang akan menangkal adanya virus. Namun anda juga harus memperhatikan update database dari antivirus dan juga update Operating System agar komputer anda selalu terlindungi.

Ini Dia Tanda Komputer Terkena Virus | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *