Hutan Kota Malabar Malang

Hutan Kota MalabarTaman merupakan sebuah areal yang berisikan komponen material keras dan lunak yang saling  mendukung satu sama lainnya yang sengaja direncanakan dan dibuat oleh manusia dalam kegunaanya sebagai tempat penyegar dalam dan luar ruangan.

Di kota Malang terdapat sebuah taman hutan kota yang letaknya berada di jalan Malabar yaitu Hutan Kota Malabar. Luas hutan ini kurang lebih 16.718m2*. Di tengah Hutan Kota Malabar terdapat kolam air yang konon menjadi sumber untuk mengairi taman-taman di kota Malang. Hutan kota ini begitu banyak manfaatnya. Bisa digunakan untuk rekreasi karena ditempat ini begitu teduh dan tenang sehingga membuat hati kita menjadi damai. Bisa juga untuk edukasi karena banyak tanaman pepohonan dengan nama spesies yang bermacam-macam.

Begitu masuk ke dalam Hutan Kota Malabar ini, mulai terasa hawa yang sejuk dan terdengar kicauan burung. Hutan Kota Malabar ini sudah mulai lebat pohonnya, sehingga berada di dekatnya pun akan terasa hawa yang segar. Pohon yang ada di hutan kota ini yaitu pohon palm. bringin, cemara, jambu, dll.

Sayangnya Hutan ini sangat kurang adanya perawatan sehingga hutan menjadi banyak nyamuk. Hutan kota ini belum digarap secara maksimal oleh pemkot. Ini terlihat belum adanya fasilitas yang memadai, seperti kursi untuk tempat duduk-duduk dan juga kurang terawatnya spesies yang hidup disini. Ada sich beberapa petugas yang tiap pagi memotong rumput dan membersihkan sampah-sampah yang ada di dalam taman ini. tetapi menurut saya masih sangat kurang, karena para pengunjung belum banyak yang tertarik untuk datang ke taman kota ini, hanya beberapa saja.

Di sekitar hutan ini terdapat warung-warung dan juga tempat pangkal ojek. Akankah lebih indah dan lebih baik lagi jika warung-warung itu dibuatkan bangunan semacam pujasera atau apalah yang tidak mengurangi keindahan hutan kota sekaligus pengunjung dapat lebih memanfaatkan dan berinteraksi dengan hutan kota, sebagai wahana berlibur dan belajar.

Hutan Kota Malabar Malang | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *