Artikel, Tips dan Trik

Cara Mengatasi Bootloop di Android Secara Tepat

0 18

Masalah yang sering terjadi pada ponsel android adalah terjadinya bootloop. Apa itu bootloop pada ponsel android? Bootloop adalah sebuah masalah pada ponsel android dimana ponsel tidak mau booting atau gagal startup. Hal ini biasanya terjadi karena ponsel android telah mengupgrade suatu system dan terjadi kegagalan, sehingga pada saat ponsel di restart, maka yang terjadi adalah munculnya logo android secara terus menerus.cara mengatasi bootloop

Kali ini linkcerdas.com akan menjelaskan cara mengatasi bootloop di ponsel android secara tepat. Mengapa secara tepat? Kadang-kadang kita terlalu gegabah dalam mengambil tindakan pada saat ponsel android kita bermasalah. Ini biasanya karena kita sudah dalam kondisi yang panik sehingga kita akan langsung mencari cara untuk mengatasi error tersebut, dan tanpa berpikir panjang, kita langsung mempraktekkan cara tersebut. Tentu saja ini akan sangat beresiko pada android kita karena cara tersebut belum tentu benar dan juga belum tentu pas dengan android kita yang dalam banyak kasus, ternyata cara untuk mengatasi error di android yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda.

Untuk memperbaiki ponsel android yang bootloop, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu apa penyebab bootloop pada ponsel android anda. Selain itu, anda juga harus mengetahui jenis-jenis bootloop pada android karena ini akan sangat menentukan langkah apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi bootloop android. Berikut ini adalah beberapa jenis bootloop pada android:

Macam-macam bootloop pada ponsel android:

  • Light Bootloop. Ini merupakan bootloop yang paling mudah diatasi. Light loop ini biasanya terjadi karena anda mengotak-atik ponsel android dalam keadaan normal. Artinya, anda tidak terlebih dahulu masuk kedalam recovery mode pada android sehingga membuat ponsel android menjadi bootloop.
  • Medium bootloop. Medium bootloop terjadi karena pengguna mencoba mengutak-atik ponsel android, namun sudah masuk kedalam recovery mode. Medium bootloop ini masuk kedalam kerusakan tingkat menengah karena ponsel android anda jika dinyalakan masih bisa masuk kedalam recovery mode.
  • Hard bootloop. Hard bootloop adalah tingkatan bootloop yang paling berbahaya karena kita tidak bisa booting ponsel android kita dan yang muncul hanya logo android atau logo merek ponsel saja. Untuk masuk ke recovery mode tidak akan bisa pada tingkatan ini. Ini memerlukan usaha khusus untuk mengatasi bootloop pada tahap ini.

Nah, jika anda sudah mengetahui macam-macam bootloop yang terjadi pada ponsel android, maka sekarang saatnya kita untuk mengatasi bootloop pada ponsel android kita. Berikut ini adalah cara mengatasi bootloop yang terjadi pada ponsel android berdasarkan jenis bootloop yang terjadi di ponsel android:

Cara mengatasi bootloop di android

  • Light bootloop. Untuk mengatasi light loop yang terjadi pada android, kita hanya perlu mencopot baterai yang ada pada ponsel android kita. Maka masalah bootloop akan segera teratasi pada saat kita memasang kembali baterai ponsel dan menyalakannya kembali.
  • Medium bootloop. Untuk mengatasi bootloop pada level ini diperlukan restore backup yang ada pada CWM. Namun cara ini memerlukan file backup ponsel. Jika sebelumnya anda belum pernah membackup data ponsel, maka anda akan memerlukan cara lain yaitu menggunakan software.
  • Hard bootloop. Untuk level hard bootloop, anda memerlukan software dan teknik khusus dalam mengatasinya. Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan hard bootloop:
  1. Software Odin, untuk ponsel Samsung.

–          Silakan anda download software Odin di internet. Software ini dikhususkan untuk pengguna ponsel android merek Samsung.

–          Download dan ekstrak firmware yang baru untuk type ponsel Samsung anda. Sedangkan firmware ponsel juga bisa anda cari di Google.

–          Ekstrak software Odin, kemudian buka aplikasi tersebut.

–          Jika sudah dibuka, maka akan terdapat beberapa tool yang harus diisi.

–          Silakan anda ekstrak file firmware untuk ponsel android anda. Kemudian pada hasil ekstrakan tersebut akan terdapat beberapa file.

–          Pada aplikasi Odin, silakan anda lihat pada PDA. Isi PDA dengan file hasil ekstrak berawalan PDA_cara mengatasi bootloop

–          Sedangkan pada phone, isi dengan MODEM_

–          Lalu pada CSC diisi dengan CSC_

–          Sekarang saatnya untuk mematikan ponsel android anda, kemudian masuk ke mode download dengan menekan tombol volume down + Home + Power button secara bersamaan.cara mengatasi bootloop

–          Sambungkan ponsel ke computer, kemudian tekan tombol volume up pada ponsel.

–          Jika ponsel sudah terdeteksi, maka pada tulisan ID:COM akan terdapat warna kuning atau hijau tergantung dari versi Odin.

–          Silakan klik tombol Start dan tunggu hingga proses selesai.

  1. Flashtool untuk ponsel Sony.

–          Download dan ekstrak flashtool di computer anda.

–          Kemudian download firmware terbaru untuk ponsel anda dan ekstrak di computer.

–          Jika sudah di ekstrak, maka akan terdapat file dengan ekstensi .ftf yang harus anda lakukan adalah copy file ftf tersebut ke folder \firmwares pada flashtool.

–          Buka folder \drivers dan install driver flashtool bernama Flashtool-drivers.exe

–          Buka flashtool, kemudian silakan anda pilih flashmode dan klik OK.cara mengatasi bootloop

–          Jika terdapat menu firmware, silakan anda pilih firmware untuk ponsel anda.

–          Jika terdapat perintah untuk menyambungkan ponsel ke PC, maka yang harus anda lakukan adalah mematikan ponsel, kemudian tahan tombol volume bawah sambil mencolokkan kabel USB ke PC.cara mengatasi bootloop

–          Jika sudah terdeteksi, tunggu hingga proses flashing berjalan 100%.cara mengatasi bootloop

Sekarang ponsel android anda sudah tidak bootloop lagi. Demikianlah cara untuk mengatasi bootloop di android secara tepat. Silakan share tips ini kepada teman anda di facebook maupun twitter agar mereka tau mengenai tips ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.