Artikel, Tips dan Trik

Cara Mempercepat Kinerja Android Secara Optimal

0 14

Android adalah perangkat yang saat ini sedang populer di dunia. Ponsel android saat ini menguasai pasar ponsel pintar dan ini dikarenakan android memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh OS lainnya. Diantara kelebihan android, ternyata ada juga kekurangan dari android yang sering kita jumpai. Kelemahan tersebut adalah lama kelamaan ponsel android kita akan menjadi lemot karena sudah banyak aplikasi yang terinstal atau karena hal yang lainnya.mempercepat kinerja android

Lalu bagaimana cara mengatasi ponsel android yang lemot? Nah, postingan kali ini linkcerdas.com akan membahas tentang cara mempercepat kinerja android secara optimal. Sebenarnya untuk mengembalikan performa android kita ke semula tidaklah sulit. Kita hanya memerlukan beberapa tips berikut ini untuk mengoptimalkan performa dari posnel kita. Berikut ini adalah tipsnya:

Tips Mempercepat Kinerja Android

Kurangi Widget di Home Screenmempercepat kinerja android

Terkadang widget yang ada di Home Screen ponsel android anda akan menyebabkan ponsel android anda menjadi lambat. Untuk itu, kita bisa mengurangi widget yang ada di home screen dengan cara menekan dan menahan widget, kemudian pilih remove.

Matikan aplikasi yang berjalan di backgroundmempercepat kinerja android

Terkadang pengguna android tidak sadar kalau ternyata aplikasi yang sudah tidak digunakan ternyata masih berjalan di layar belakang ponsel. Ini tentu saja akan memperlambat kinerja ponsel. Kita bisa mematikannya melalui Settings > Applications atau dengan software tertentu.

Restart perangkat android anda

mempercepat kinerja androidPonsel android jika selalu menyala atau standby, maka RAM yang ada di ponsel akan digunakan untuk aplikasi yang berjalan. Meskipun kita sudah menutup aplikasi, terkadang aplikasi masih menggunakan memori ponsel tersebut. Untuk melepaskannya, kita bisa menghidupkan ulang ponsel android kita. Dengan ini, maka kinerja ponsel akan kembali normal seperti semula.

Jika diperlukan, install custom Rom dan custom kernel

Terkadang ponsel android kita memiliki performa yang standar bawaan dari pabrik jika menggunakan stock ROM dan juga stock kernel. Kita bisa mengganti keduanya jika menginginkan performa yang lebih. Namun biasanya untuk mengganti kernel dan ROM diperlukan rooting terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan performa yang lebih, overclock android anda

mempercepat android4Perangkat android memang memungkinkan overclock seperti layaknya computer. Namun untuk melakukan overclocking android, anda memerlukan rooting terlebih dahulu. Akan tetapi dalam keadaan overclock, ponsel android anda akan lebih boros baterai karena prosessor android anda akan dipacu. Sebaiknya dalam melakukan overclock, lakukanlah dengan wajar. Artinya jangan terlalu memaksakan kinerja prosessor android anda melebihi batas maksimal.

Uninstall aplikasi android yang banyak memakan memori

Aplikasi android yang memiliki ukuran yang besar akan memakan memori penyimpanan android. Jika aplikasi tersebut tidak terlalu penting, sebaiknya hapus atau uninstall saja aplikasi tersebut karena akan memperlambat kinerja android anda.

Pindahkan aplikasi tertentu ke SD card

Jika memori internal ponsel anda sudah hampir penuh atau sudah melebihi ¾ kapasitas, sebaiknya anda pindahkan aplikasi yang terinstal di memori internal ponsel ke microSD. Aplikasi yang digunakan biasanya adalah link2SD atau App2SD dan masih banyak yang lainnya. Namun aplikasi tersebut membutuhkan hak akses ke root sehingga ponsel anda harus dalam keadaan rooted terlebih dahulu untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Demikianlah beberapa tips untuk mempercepat kinerja android anda secara lebih optimal. Silakan share tips dari linkcerdas.com ini melalui facebook, twitter, atau yang lainnya. Jika anda ingin mendapatkan tips harian, silakan anda like fanspage linkcerdas.com dan juga langganan artikel gratis dari linkcerdas.com yang ada di sidebar sebelah kanan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.