Cara Cerdas Menterjemahkan Teks Dengan Google Translate

Tentu para Netter sudah tidak asing lagi dengan yang namanya google translate. Layanan online dari google untuk menterjemahkan teks, kalimat, paragraf bahkan konten website secara penuh. Kita harus bijak menggunakan layanan google ini, karena hasil terjemahan dari mesin penerjemahan tentunya tidak bisa sesempurna terjemahan human / manusia.

google-translate aplikasi untuk menterjemah google

Teks yang akan kita dapatkan biasanya akan terjemahkan sesuai dengan terjemahan kata perkata, frasa dan klausa. Dalam menterjemahkan google mnggunakan metode  statistical machine translation, aadalah proses pencarian pola pada berbagai teks atau tulisan yang ada diindex internet dalam jumlah besar, dengan mencari pola seperti jika ada pola yang sesui maka hasi terjemahan akan semakin bagus.

Kebanyakan hasil yang kita dapatkan untuk sampai saat ini sebenarnya sudah mendekati bagus, namun masih kurang dari nilai rasa dalam bahasa yang dihasilkan. Jadi dari rasa terjemahannya masih khas mesin, baik kita baca atau kita dengar masih berasa kaku. Lalu bagaimana cara cerdas yang bisa kita lakukan agar terjemahannya bagus dan bisa diterima oleh manusia sebagai pembaca bukan hanya mesin.

Sebelum proses penerjemahkan teks hendaknya kita perbaiki terlebih dahulu kwalitas tulisan kita, baik itu tulisan dari bahasa indonesia atau bahasa inggris atau bahasa apapun yang disupport oleh google translate. Harus sesuai dengan kaedah gramatikal baik dari SPOKnya atau yang lainnya yang berkaitan dengan ungkapan dan gramarikal.

Selanjutnya adalah, terjemahkan perparagraf setelah itu baca dan perbaiki susunan katanya dari hasil terjemahan agar bisa dibaca dengan baik dan bisa diterima oleh telinga. Ulangi sampai semua paragram telah terjemahkan dengan baik. Pada intinya anda harus baca ulang teks yang telah diterjemahkan dan diedit sampai sebagus mungkin.

Semoga tulisan ini bisa membuat anda lebih produktif dan semakin banyak untuk menulis artikel sehingga kita bisa membantu pihak google untuk mengembangkan aplikasi terjemakan google ini. Karena setiap konten yang kita upload akan terindex google dan secara otomatis pula bahasa yang kita gunakan akan digunakan juga sebagai pola penerjemahan google adsense.

 

 

Cara Cerdas Menterjemahkan Teks Dengan Google Translate | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *