Beda Usia Menikah | Ingin Punya Banyak Anak? Umur Pasutri Harus Beda 4-6 Tahun

Tak sedikit pasangan yang gagal mewujudkan mimpinya untuk punya banyak anak. Studi menemukan kunci untuk memiliki banyak anak adalah perbedaan usia antara laki-laki dan perempuan.

Peneliti dari Austria menjelaskan jika ingin memiliki banyak anak, maka laki-laki harus menemukan pasangan yang 6 tahun lebih muda dan perempuan menemukan pasangan yang 4 tahun lebih tua.

“Peneliti menggunakan evolusi untuk menjelaskan mengapa laki-laki memilih pasangan yang lebih tua dan perempuan biasanya memang memiliki keinginan pada pria yang lebih tua,” ujar ketua studi Martin Fieder dari Vienna University, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (28/10/2011).

Fieder menuturkan studi ini pertama kalinya mengukur perbedaan usia yang berpengaruh terhadap jumlah anak. Sebelumnya telah diketahui bahwa laki-laki memilih perempuan muda untuk meningkatkan kebugaran reproduksinya, sedangkan perempuan memilih pria tua demi faktor keamanan dan kenyamanan.

Dalam studi ini peneliti melibatkan laki-laki dan perempuan yang tidak berganti pasangan dari anak pertama sampai yang terakhir, dan menemukan perbedaan usia dari pasangan ini yang menghasilkan keturunan paling banyak.

Hasil studi ini menunjukkan bahwa jarak usia antar pasangan bisa mempengaruhi keberhasilan mereka untuk memiliki banyak anak, karena pasangan yang punya jarak usia optimal memiliki kemungkinan lebih besar punya anak banyak, meski belum diketahui dengan pasti mengapa hal tersebut terjadi. Studi ini telah dilaporkan dalam Royal Society’s Biology Letters.

“Ini adalah pola yang sangat sistematik dan kami tidak berpikir hal ini terjadi secara acak,” ujar Fieder.

Meski begitu temuan ini merupakan hasil analisis statistik dan bukan bersifat mutlak, namun perbedaan usia antar laki-laki dan perempuan ternyata memiliki pengaruh terhadap keberhasilan memiliki banyak anak.

Beda Usia Menikah | Ingin Punya Banyak Anak? Umur Pasutri Harus Beda 4-6 Tahun | Moch Wahib Dariyadi | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *