Bagaimana Kabarmu Kini Friendster?

friendster-pada zaman dahulu

Selamat malam sahabat. Secara kebetulan terlintas dibenak saya tentang friendster, jejaring sosial yang pertama kali muncul dan menjadi cikal bakal munculnya situs pertemanan jauh sebelum boomingnya facebook maupun twitter. Bayangkan saja, hampir semua remaja mungkin termasuk anda juga pada tahun 2004 – 2008 pasti memiliki akun di frienster.

Situs ini sangat terkenal pada masa itu sebelum banyak bermunculan jenis jejaring sosial serupa. Pada waktu itu mungkin anda sering pergi kewarnet untuk sekedar mengecek atau menuliskan di halaman profile kita. Maklum kita belum banyak memiliki akses internet yang bagus dan juga sangat mahalnya fasiltas internet pada saat itu. Sehingga banyak bermunculan warnet-warnet dikota-kota besar bahkan didesa-desa yang terpencilpun. Dengan banyaknya warnet tersebut pesaingan pelaku usaha ini kian bersemangat sehingga banyak warnet  yang memberikan paket-paket khusus sehingga kita makin betah untuk berlama-lama diwarnet.

Kita kembali pada friendster, kalau kita berbicara masalah fasilitas yang disajikan juga hampir seperti  situs pertemanan pada masa sekarang ini, misalnya saja berbagi media seperti media foto, video dan musik, membuat grup sesuai yang kita inginkan misal grup kelas, grup hobi dan lain – lain dan fitur legendaris yaitu “Who Viewed Me” dan “shoutout” dan tampilan latar belakang atau background template  pada profile yang dapat diubah – ubah. Jadi lebih bisa memberikan ekspresi kita saat itu atau bisa mewakili eksepresi kita dengan memberikan tampilan sesuai dengan selera kita.

Namun seiring dengan perkembangan zaman dan banyaknya jejaring sosial maka friendsterpun ditinggalkan dan beralih pada facebook pada masa itu, dengan failitas yang lebih banyak lagi diantaranya ada sistem status dan juga chat. Dari sinilah awal mula kehancuran friendster. Dan pada akhirnya Friendster dibeli oleh sebuah perusahaan game Malaysia sejak 2011, dan berubah haluan menjadi website penyedia game hingga saat ini.

Bagaimana Kabarmu Kini Friendster? | Moch Wahib | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *